Jumat, 26 Juni 2015

TeamWork Perawat Rumah Sakit Umum Derah X

Tugas

Analisa Studi Kasus

Teori Organisasi Umum 2#

Judul :

“TeamWork Perawat Rumah Sakit Umum Derah X”


Kelompok :

AFIF NURMEIGI ( 10113290 )

ANDREAS EKA( 10113929 )

FACHRIZAL ( 13113026 )

LUKAS RADEN ( 15113050 )

MOZARA PUTRI ( 15113661 )

RANGGA MALELA ( 17113273 )

ROSITA AULIA ( 18113097 )

Universitas Gunadarma

2014/2015

“TEAMWORK PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH X”

Rumusan Masalah :

RSUD X merupakan salah satu rumah sakit umum yang berada di daerah X.

Dengan Visi menjadi Rumah Sakit Umum yang diminati oleh masyarakat. RSUD X

selalu berusaha untuk berbenah diri agar dapat bertahan di tengah persaingan

pertumbuhan rumah sakit di daerah tersebut. Kenyataan di lapangan menunjukan

bahwa RSUD X belum menunjukan hasil yang maksimal. Munculnya keluhan

masyarakat mengenai pelayanan yang di berikan RSUD X dan jumlah pasien yang

belum menunjukkan peningkatan adalah bukti yang mengindikasikan bahwa pihak

RSUD X belum mampu mewujudkan visi tersebut.

            Berdasarkan wawancara awal diperoleh informasi mengenai ketidakpuasan

pasien terhadap kualitas pelayan yang diberikan oleh RSUD X, khususnya pada bagian

keperawatan. Melalui survey kepada beberapa perawat di RSUD X diperoleh data

yang menunjukkan bahwa perawat kurang merasakan adanya kerjasama dan

komunikasi yang baik, kurang memiliki rasa saling percaya dan saling mendukung,

kurang mengetahui visi dan misi organisasi dan merasakan teamwork yang kurang

            Sikap tidak peduli dan saling menyalahkan antar perawat, kurang adanya

keinginan dan kesadaran untuk menyelesaikan konflik, kurang adanya kesadaran para

perawat akan pentingnya kerjasama dan komunikasi sehingga sering menimbulkan

konflik serta hubungan antar perawat yang dirasakan kurang harmonis yang

menghambat terjalinnya kerjasama merupakan indikator masalah yang sebenarnya

dihadapi oleh pihak RSUD X.

Dari Rumusan Masalah Kasus diatas dapat kita mengerti  bahwa inti dari

Permasalahan Kasus diatas adalah Terletak pada Rendahnya tinggkat Kerjasama para

Perawat yang ada di dalam RSUD X, Dimana tidak adanya Kerjasama dan juga

komunikasi yang baik, kurang memiliki rasa saling Percaya dan saling mendukung

dalam pekerjaan nya sebagai sesama perawat dan juga kurang mengetahui nya visi

dan misi Organisasi, sehingga dapat menimbulkan sikap saling tidak peduli terhadap

sesama perawat di dalam sebuah RSUD X tersebut, bahkan dapat menimbulkan sikap

dimana saling menyalahkan antara para Perawat sehingga dapat menimbulkan juga

Konflik Individu dari para masing-masing perawat, dimana akan menjadi indicator

masalah yang di hadapi oleh pihak RSUD X, yaitu ketidak nyamanan nya para pasien

yang berobat di RSUD X tersebut dan juga menjadi penghambat pertumbuhan dari

Tingkat kemajuan RSUD X tersebut sehingga belum mampu untuk mewujudkan visi-

Dalam Analisa dari Perumusan Masalah diatas Sebagai Solusi dapat dimulai

dari individu dari masing-masing Perawat terlebih dahulu untuk mengetahui dimana

Letak Kesalahan nya yang dapat menimbulkan tingkat kerja sama dan komunikasi

menjadi kurang efektif sehingga timbul rasa saling menyalahkan, dan rasa saling

kurang mempercayai antara Perawat dengan Perawat lainnya yang menimbulkan rasa

ketidaknyaman dari para Pasien  itu sendiri, di karenakan Perawat merupakan

Tumpuan dari semua kegiatan yang ada didalam sebuah RS  sehingga menjadi Penentu

Keberhasilan maupun kegagalan dari Rumah Sakit itu sendiri.

 Dalam Analisa Kasus diatas dapat diambil kesimpulan bahwa para perawat

perlu mengetahui pentingnya Kerja sama dalam suatu Organisasi terlebih dalam suatu

RSUD, sehingga dapat mencapai Komunikasi yang efektif dan tinggkat Kepercayaan

masing-masing Perawat untuk saling membantu, saling Mendukung , Saling

memberikan Pelayanan  dengan kualitas terbaik dari masin-masing Perawat terhadap

para Pasien, sehingga dapat menimbulkan Rasa Kepercayaan antara Pasie dan juga

para Perawat dan menimbulkan hubungan yang harmonis, dan juga dapat menujukkan

Hasil dari Usaha pihak RSUD X menjadi lebih maksimal dan mampu dalam

mewujudkan visi-visi tersebut dan dapat menjadi factor Penentu dari citra dan

kualitas rumah sakit.

1 komentar:

  1. Casino City NJ - Mapyro
    Casino City offers more than 2000 보령 출장마사지 slot machines and a poker room in 1560 대전광역 출장안마 rooms across 제주 출장마사지 52.3 sq. ft. 충주 출장마사지 of gaming space. Find reviews and photos. 안성 출장샵

    BalasHapus